Azhar, Muhammad Kholid PERANCANGAN DAN EVALUASI UI & UX PADA GAME EDUKASI DENGAN METODE CHILD CENTERED DESIGN BERBASIS ANDROID. [Skripsi]
M.KHOLID AZHAR_informatika _2021_2.pdf
Download (5MB)
Abstract
Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, game edukasi sudah
banyak dikembangkan. Dalam melakukan pengembangan suatu produk seperti
game diperlukannya perancangan user interface dan user experience sebagai kesan
awal pada pengguna sebagai target audience. Perancangan ini bertujuan untuk
menghasilkan rancangan user interface dan user experience game edukasi dalam
bentuk prototype dengan menerapkan aplikasi multimedia figma yang dikhusukan
untuk merancang sebuah wireframe dan prototype.
Penelitian ini menggunakan metode child centered design yang memiliki
tujuan akhir yaitu anak-anak. Metode ini memiliki 4 tahap, yaitu specify the context
of use, specific product requirement, product design solution, and evaluate design.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Insidential sampling, yaitu merupakan
teknik penentuan sampel secara kebetulan, atau siapa saja yang kebetulan
(insidential) bertemu dengan peneliti yang dianggap cocok dengan karakteristik
sampel. Dengan jumlah responden sebanyak 30. Data diperoleh selanjutnya
dianalisis menggunakan analisis score SUS.
Hasil yang didapatkan penelitian ini adalah perancangan desain user interface
dan user experience menggunakan metode Centered Child Design. Berdasarkan
hasil dari analisis score SUS, mendapatkan nilai 68 dengan kategori nilai C “OК”.
Kata kunci: game, user interface, user experience, SUS.
| Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Tipe: | Skripsi |
| Jurusan: | Program Studi Teknik Informatika |
| Depositing User: | Dept Perpustakaan Jakarta Global University |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 05:01 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 05:01 |
| URI: | https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/267 |
