Search for collections on Jakarta Global University

ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK) & UPPER CONTROL LIMIT (UCL) BESERTA KINERJA RUAS JALAN RAYA SULTAN AGUNG KOTA BEKASI

Prianto, Aldi ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK) & UPPER CONTROL LIMIT (UCL) BESERTA KINERJA RUAS JALAN RAYA SULTAN AGUNG KOTA BEKASI. [Skripsi]

[thumbnail of ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS  DENGAN METODE  ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK) & UPPER CONTROL LIMIT (UCL)  BESERTA KINERJA RUAS JALAN RAYA SULTAN AGUNG KOTA BEKASI] Text (ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK) & UPPER CONTROL LIMIT (UCL) BESERTA KINERJA RUAS JALAN RAYA SULTAN AGUNG KOTA BEKASI)
ALDI PRIANTO_sipil_2022_2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kecelakaan merupakan persitiwa yang menyebabkan orang celaka, yang dapat
membuat kerugian secara material maupun merenggut nyawa seseorang. Salah satu kecelakaan yang sering terjadi berada pada jalan raya maupun jalan tol. Jalan Raya Sultan
Agung terletak di Kecematan Medan Satria, Kota Bekasi yang menampung arus lalu
lintas arah Bekasi menuju ke arah Jakarta atau sebaliknya. Dari kecelakaan yang sering
terjadi perlu di lakukan upaya untuk meningkat kan keselamatan lalu lintas jalan raya.
Angka Ekivalen Kecelakaan dihitung dengan rumus menjumlahkan kejadian kecelakaan dalam satuan kilometer atau satu segmen panjang jalan kemudian dikalikan dengan nilai bobot sesuai tingkat keparahannya. Adapaun nilai bobot dari masing-masing tingkat keparahan yaitu yang pertama bobotnya 12 untuk meninggal dunia (MD), 3 untuk luka berat (LB), 3 untuk luka ringan (LR), dan 1 untuk kerugian materi (K), setelah data korban kecelakaan diketahui maka bisa langsung melakukan perhitungan angka kecelakaan pada tiap-tiap segmen pada ruas jalan yang ada dilakukan penelitian. Dalam menentukan titik
rawan kecelakaan dilakukan menggunakan metode statistika kendali mutu sebagai
kontrol chart UCL (Upper Control Limit) dimana didasarkan dengan angka kecelakaan
tiap kilometer atau segmen jalan yang memiliki nilai bobot (AEK) melebihi nilai batas
UCL. Rata-rata kecelakaan diperoleh dari perhitungan jumlah terjadinya kecelakaan
pada metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) yang akan digunakan untuk perhitungan
selanjutnya pada metode Upper Control Limit dan BKA.Setelah melakukan perhitungan
dan pengamatan sepanjang ruas Jalan Raya Sultan Agung atau keseluruhan segmen
terdapat bahwa segmen 3 dengan nilai AEK sebesar 153, nilai UCL sebesar 125, 630 yang arti nya nilai AEK 153 melebihi nilai UCL 125,630 dan Batas Kontrol Atas sebesar 133.Faktor peyebab kecelakaan dapat dilihat tidak diimbangi dengan prasarana dan sarana penunjang jalan raya. Hal ini dapat dilihat dari minimnya rambu lalu lintas, kurang nya kesadaran dari pengendara, marka jalan yang tidak menyeluruh dan beberapa marka jalan yang pudar, ketidak tersediaan pengaman pagar/trotoar sepanjang ruas Jalan Raya
Sultan Agung.
Kata Kunci: Lokasi rawan kecelakaan, Angka ekivalen kecelakaan, Upper control limit,
Kinerja ruas jalan

Tipe Dokumen: Skripsi
Tipe: Skripsi
Jurusan: Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Dept Perpustakaan Jakarta Global University
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:42
Last Modified: 08 Dec 2025 04:42
URI: https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item