Purnawan, Andi ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN METODOLOGI GREENSHIELDS, GREENBERG DAN UNDERWOOD TERHADAP PERHITUNGAN KAPASITAS METODOLOGI MKJI 1997 (STUDI KASUS: JALAN BOURAQ, TANGERANG). [Skripsi]
ANDI PURNAWAN_R.pdf
Download (13MB)
Abstract
Jalan Bouraq di Kota Tangerang merupakan salah satu jalan yang termasuk dalam kelas Arteri dengan tipe lajur 2/1 tanpa Median, yang merupakan kawasan ekonomi, yang menyebabkan volume lalu lintas semakin besar sehingga mengakibatkan kinerja ruas jalan menjadi berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model hubungan antar karakteristik Volume (Q), Kecepatan (V) dan Kepadatan (D) lalu lintas sesuai dengan kondisi yang ada. Survei data meliputi volume dan kecepatan lalulintas dengan metode Manual Count, sedangkan analisis menggunakan model Greenshield, Greenberg, Underwood dan MKJI 1997. Perhitungan menggunakan MKJI 1997 untuk ruas jalan Bouraq, Kapasitas jalan (VM) = 2818,00 smp/jam, Kecepatan arus bebas (FV) = 52,8 km/jam dan Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 1,39 di hari Senin dan 1,42 di hari Jum'at. Dengan Tingkat pelayanan Jalan Level of Service (Los) maka kedua hari tersebut masuk kedalam kategori F yang berarti arus yang dipaksakan dengan kecepatan rendah, volume melebihi kapasitas. Dari ketiga model yaitu Greenshields, Greenberg, dan Underwood yang mendekati hasil kapasitas dari MKJI 1997 dengan Kapasitas (VM) 2818,00 smp/jam adalah model Greenberg, dengan Kapasitas (VM) = 3151,96 smp/jam.
=
Kata kunci: Greenshields, Greenberg, Underwood, MKJI 1997, Volume, Kecepatan, Kepadatan,
| Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Tipe: | Skripsi |
| Jurusan: | Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Dept Perpustakaan Jakarta Global University |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:52 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:52 |
| URI: | https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/352 |
