Karlina, Karlina ANALISIS PENYEBAB TINGKAT KEMACETAN DAN FAKTOR PENYEBAB KEMACETAN DI RUAS JALAN KARTINI KOTA DEPOK MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN METODE PKJI 2023. [Skripsi]
Karlina_R.pdf
Download (10MB)
Abstract
Jalan Kartini Kota Depok merupakan salah satu Jalan yang sering terjadi kemacetan terutama di jam-jam sibuk. untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kemacetan dan kinerja ruas jalan tersebut maka akan di lakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Data yang di perlukan untuk penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Data primer berupa data volume lalu lintas dan data geometrik jalan. sedangkan Data skunder berupa data dari Dishub dan data jumlah penduduk kota depok.. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengenalisis kinerja dan mengetahui faktor faktor penyebab pada suatu ruas jalan, dimana pada ruas jalan tersebut sering mengalami konflik lalu lintas. Hasil dari penelitian ini berdasarkan metode MKJI 1997 di dapatkan hasil kapasitas ruas jalan kartini yaitu 2884,2 smp/jam, dengan kecepatan arus bebas yaitu 49,29 km/jam, nilai derajat kejenuhan 1,14 dengan tingat pelayanan jalan F dan kelas hambatan samping tinggi. Sedangkan berdasarkan metode PKJI 2023 didapatkan hasil kapasitas 2877,76 smp/jam, dengan kecepatan arus bebas 48,76 km/jam, nilai derajat kejenuhan arah GDC- Dewi sartika 1,95 dan arah Dewi sartika- GDC 1,75, dengan tingkat pelayanan jalan F dengan kondisi arus yang dipaksakan atau macet, kecepatan rendah, dan volume dibawah kapasitas (MKJI 1997). Untuk kelas hambatan samping sangat tinggi. alternatif solusi menggunakan software vissim adalah dengan menutup jalur putar arah maka di dapatkan pada pendekat GDC- Dewi Sartika di dapat Panjang antrian rata-rata 0,000 detik/kend, dan rata-rata tundaan dari semua pengguna jalan 9,4404 detik/kend dengan tingkat pelayanan jalan A dengan kondisi arus bebas, volume rendah, kecepatan tinggi dan pengemudi dapat memilih kecepatan yang di kehendaki (MKJI 1997). pada pendekat Dewi Sartika-GDC di dapat Panjang antrian rata-rata 0,000 detik/kend, dan rata-rata tundaan dari semua pengguna jalan 10,1222 detik/kend dengan tingkat pelayanan jalan yaitu B dengan kondisi arus stabil, kecepatan sedikit terbatas oleh lalu lintas volume pelayanan yang dipakai untuk desain jalan luar kota (MKJI 1997).
Kata kunci: MKJI 1997, PKJI 2023, dan Vissim
| Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Tipe: | Skripsi |
| Jurusan: | Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Dept Perpustakaan Jakarta Global University |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:04 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:04 |
| URI: | https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/472 |
