Search for collections on Jakarta Global University

ANALISIS PERBANDINGAN PERBAIKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS: JALAN KEPAHIANG PAGAR ALAM KABUPATEN EMPAT LAWANG)

Wanti, Wanti ANALISIS PERBANDINGAN PERBAIKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS: JALAN KEPAHIANG PAGAR ALAM KABUPATEN EMPAT LAWANG). [Skripsi]

[thumbnail of Wanti_R.pdf] Text
Wanti_R.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of ANALISIS PERBANDINGAN PERBAIKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS: JALAN KEPAHIANG PAGAR ALAM KABUPATEN EMPAT LAWANG)] Text (ANALISIS PERBANDINGAN PERBAIKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS: JALAN KEPAHIANG PAGAR ALAM KABUPATEN EMPAT LAWANG))
Wanti_R.pdf

Download (9MB)

Abstract

Secara umum jalan merupakan prasarana darat yang dibangun untuk menunjang transportasi dan memperlancar kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat (Biriansyah & Hermanto Dardak, 2022). Kerusakan perkerasan lentur dapat terjadi karena faktor-faktor yang tidak dapat ditentukan atau diprediksi karena proses perencanaan, seperti jenis kendaraan yang melintas, laju pertumbuhan kendaraan yang tidak stabil, serta perlunya perluasan pemanfaatan lalu lintas dan rata-rata volume lalu lintas harian (LHR) secara optimal. Penelitian ini mengkaji tentang jenis kerusakan jalan dan cara penanganan atau perbaikan serta mengestimasi anggaran biaya yang terjadi di Jalan Kepahiang Pagar Alam dengan mengunakan metode SDI (Surface distress index) dan metode PCI (Pavement Condition Index). Adapun penelitian menggunakan aplikasi Road Lab Pro berbasis android tidak mendapatkan hasil yang sama dengan metode SDI dan PCI. Berdasarkan hasil rekapitulasi penelitian dengan menggunakan metode surface distress index (SDI) diperoleh nilai kondisi kerusakan jalan pada ruas jalan Kepahiang Pagar Alam Kabupaten Empat Lawang yaitu (baik) dengan persentase 40% dan mengalami rusak (sedang) dengan presentasi 60%. Lalu pada metode Pavement Condition Index (PCI) maka di peroleh 2 (dua) segmen Baik dan kemudian 8(delapan) segmen sedang. Dari kerusakan tersebut maka rencana anggaran biaya yang di rincikan berdasarkan rincian total keseluruhan biaya yang di butuhkan unuk penanganan atau perbaikan jalan yaitu sebesar 830.279.283,7
Kata kunci: kerusakan jalan, perbaikan jalan, perkerasan lentur, Surface Distress Index dan Pavement Condition Index

Tipe Dokumen: Skripsi
Tipe: Skripsi
Jurusan: Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Dept Perpustakaan Jakarta Global University
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:36
Last Modified: 11 Dec 2025 07:36
URI: https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item
View Item