Search for collections on Jakarta Global University

PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI MTS UMMI KULSUM KOTA SUKABUMI

NURSAMSIAH, NURSAMSIAH PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI MTS UMMI KULSUM KOTA SUKABUMI. [Skripsi]

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI MTS  UMMI KULSUM KOTA SUKABUMI] Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI MTS UMMI KULSUM KOTA SUKABUMI)
NURSAMSIAH (MANAJEMEN) 2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nursyamsiah (163402032) Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru di MTS Ummi Kulsum Kota Sukabumi,, dibawah Pembimbing I IBU.Dra.Sri Utami.MM dan Pembimbing II Bapak Teddy Setiawan,SE.M.M.
Salah satu masalah yang menarik untuk dikaji dari penyelenggaraan pendidikan pada level mikro adalah kinerja guru. Tanpa denyut keterlibatan aktif korps guru, kebijakan pembaruan pendidikan secanggih apapun akan berakhir sia-sia. Kualitas kinerja guru salah satunya tercermin dari prestasi belajar yang diraih siswa. Belum optimalnya prestasi belajar siwa akan mengakibatkan lulusan kurang mampu menghadapi tuntutan jaman yang sering disoroti oleh masyarakat pemakai lulusan tersebut.
Penomena yang terjadi MTs Ummi Kulsum Kota Sukabumi adalah mengenai masih rendah Kepemimpinan dan kurangnya kinerja dari para guru.
Berdasarkan fenomena permasalahan yang digambarkan di atas, maka perumusan masalah yang diambil oleh penulis dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kepemimpinan guru, kinerja guru, dan bagaimana pengaruh terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Metode deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yan lain. Sedangkan metode asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode asosiatif ini digunakan untuk mengetahui pengaruh kedua variabel tersebut. Hasil penilaian pengaruh variabel kepemimpinan guru terhapat variabel kinerja guru pada MTs Ummi Kulsum Kota Sukabumi dapat disimpulkan sebagai berikut: Nilai korelasi pengaruh kepemimpinan (X) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,843 nilai korelasi ini berada diantara 0,80-1,00, artinya pengaruh kepemimpinan guru terhadap kinerja guru memiliki pengaruh yang sangat kuat, sifat hubungan pengaruh kepemimpinan guru terhadap kinerja guru memiliki nilai positif (+) artinya jika kepemimpinan guru meningkat maka kinerja guru pada MTs Ummi Kulsum Kota Sukabumi akan semakin meningkat.
Nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,71,06 yang artinya besarnya pengaruh kepemimpinan guru (X) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 5,0% dan sisanya 28,94% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
Nilai Regresi Y= 7.161 +1.032X, artinya jika kepemimpinan guru naik 1 poin maka penilaian kinerja guru naik 1,032X poin, jika kepemimpinan guru naik 2 poin maka kinerja guru naik 2x0, 1.032 yaitu 0,206,4 dengan asumsi nilai konstans berada pada 7.161%.

Tipe Dokumen: Skripsi
Tipe: Skripsi
Jurusan: Program Studi Manajemen
Depositing User: Dept Perpustakaan Jakarta Global University
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:00
Last Modified: 08 Dec 2025 04:00
URI: https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item
View Item