Search for collections on Jakarta Global University

ANALISIS KEMACETAN DAN PERHITUNGAN BIAYA PELUASAN PARKIR DI WILAYAH NAGA SWALAYAN KOTA BEKASI

Margareta Fransia, Anne ANALISIS KEMACETAN DAN PERHITUNGAN BIAYA PELUASAN PARKIR DI WILAYAH NAGA SWALAYAN KOTA BEKASI. [Skripsi]

[thumbnail of ANALISIS KEMACETAN DAN PERHITUNGAN BIAYA PELUASAN PARKIR DI WILAYAH NAGA SWALAYAN KOTA BEKASI] Text (ANALISIS KEMACETAN DAN PERHITUNGAN BIAYA PELUASAN PARKIR DI WILAYAH NAGA SWALAYAN KOTA BEKASI)
ANNE MARGARETA FRANSIA_R.pdf

Download (17MB)

Abstract

Dampak dari pembangunan pusat kegiatan seperti supermarket, pertokoan,pasar tradisional dan lain-lain memunculkan kebutuhan terhadap sarana ruang parkir yang memadai untuk menghindari kemacetan lalu lintas.Hasil dari penelitian ini yaitu akumulasi maksimum kendaraan roda empat adalah 72 parkir kendaraan bermotor 323. Untuk rata-rata durasi kendaraan roda empat adalah 2 jam sedangkan kendaraan roda dua adalah 3 jam. Hasil untuk tingkat pergantian parkir roda empat adalah 1,1 kend/SRP/jam sedangkan kendaraan roda dua adalah 1,2 kend/SRP/jam. Kapasitas maksimum parkir roda empat adalah 52 kend/jam sedangkan kendaraan roda dua adalah 209 kend/jam. Kebutuhan ruang parkir untuk Naga Swalayan Kota Bekasi yaitu sebanyak 20 SRPuntuk kendaraan roda empat dan 114 SRP untuk kendaraan roda dua. Dalam 3 tahapan itu didapati lah rencana anggaran biaya perluasan, yaitu :Dengan AHSP pertahap seperti yang dijelaskan peneliti diatas maka dapat peneliti hitung kembali rekapitulasi AHSP dari keseluruhan proyek perluasan lahan parkir Naga Swalayan sebesar Rp. 133.144.700. Dalam analisis kemacetan didapatilah data sesuai hasil observasi, yaitu Berdasarkan hasil perhitungan sebelumnya didapat: Kecepatan arus bebas (FV)=44.4 km/jam (berdasarkan perhitungan) Derajat kejenuhan (DS) = 1,03 (berdasarkan tabel 4.22) Maka dengan menggunakan grafik fungsi derajat kejenuhan (DS) didapat Kecepatan rata-rata kendaraan ringan =+28,92 km/jam.diperoleh kecepatan arus bebas kendaraan ringan rata- rata berdasarkan survey dilapangan sebesar 44.4 km/jam dari arah Jalan Hankam. Dari hasil perhitungan - perhitungan diatas, dapat diketahui DS sebesar 1,03, Kecepatan arus bebas kendaraan sebesar 44.4 km/jam dan kapasitas jalan sebesar 2.900 smp/jam perjalur. Berdasarkan tabel 4.22, maka jalan Hankam termasuk tingkat pelayanan D dengan, karakteristik kondisi lalu lintas mencapai 7463.81, hal ini disebabkan beberapa hal terutama frekuensi gangguan samping jalan yang berasal dari keluar masuknya kendaraan di muka pintu naga swalayan dikarenakan kekurangan lahan parkir.
Kata kunci: Akumulasi Parkir, Durasi Parkir, Kapasitas Parkir, Kebutuhan Parkir, Parkir, Tingkat Pergantian Parkir.

Tipe Dokumen: Skripsi
Tipe: Skripsi
Jurusan: Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Dept Perpustakaan Jakarta Global University
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:34
Last Modified: 09 Dec 2025 01:34
URI: https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item