Search for collections on Jakarta Global University

PENGARUH VARIASI PEMBEBANAN ARUS DAN VOLTASE TERHADAP DAYA PENGEREMAN PADA DINAMOMETER EDDY CURRENT

HIDAYAT, ARI PENGARUH VARIASI PEMBEBANAN ARUS DAN VOLTASE TERHADAP DAYA PENGEREMAN PADA DINAMOMETER EDDY CURRENT. [Skripsi]

[thumbnail of PENGARUH VARIASI PEMBEBANAN ARUS DAN VOLTASE  TERHADAP DAYA PENGEREMAN PADA DINAMOMETER EDDY  CURRENT] Text (PENGARUH VARIASI PEMBEBANAN ARUS DAN VOLTASE TERHADAP DAYA PENGEREMAN PADA DINAMOMETER EDDY CURRENT)
ARI HIDAYAT_R.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dinamometer eddy current terdiri dari rotor yang digerakkan mesin yang tenaganya diukur dan berputar dalam medan magnet, kekuatan medan magnetnya dikontrol dengan mengubah arus sepanjang susunan kumparan yang ditempatkan pada stator, rotor ini ditempatkan pada kedua sisi stator dan bertindak sebagai konduktor yang memotong medan magnet. Keungulan dinamometer eddy current adalah penyerapan yang paling umum digunakan pada dinamometer chasis modern, penyerapan eddy current dapat menghasilkan perubahan beban yang sangat cepat untuk penyelesaian beban. Kelemahan seperti torsi pengereman yang bergantung pada besarnya medan magnet dan kecepatan gerak, yang pertama dapat dikontrol dengan memvariasikan arus listrik yang melewati elektromagnet dan dibatasi oleh saturasi inti kumparan yang berbanding lurus dengan torsi pengereman yang tersedia, yaitu semakin tinggi kecepatan, semakin tinggi pula torsi pengereman, jika kecepatannya nol, maka torsi pengereman juga berarti tidak dapat digunakan untuk imobilisasi. Tujuan penelitian ini untuk merancang dan membuat dinamometer yang sederhana dan harga terjangkau, namun tetap memiliki akurasi pengukuran yang baik. Pengujian torsi dilakukan untuk melihat performa yang dihasilkan dari variasi putaran mesin 1000 rpm, 2000 rpm, 3000 rpm dan variasi voltase 11v, 13v, 15v. Hasil uji torsi ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik menunjukkan pada putaran 3000 rpm dan voltase 15v nilai torsi cenderung tinggi, nilai torsi mengalami penuruan jika putaran mesin semakin rendah dan voltase semakin rendah.
Kata kunci: Eddy current, mesin diesel, perancangan, perakitan, torsi.

Tipe Dokumen: Skripsi
Tipe: Skripsi
Jurusan: Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: Dept Perpustakaan Jakarta Global University
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:42
Last Modified: 15 Dec 2025 04:42
URI: https://digilib.jgu.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item
View Item